Pengalaman Membeli SBR004 di BNI

Kali ini saya ingin sharing tentang pengalaman saya saat membeli SBR004. Sebelumnya, sudah tau kan kalau Pemerintah Indonesia mengeluarkan obligasi negara yang bisa dibeli oleh perorangan? Belum tau? Jadi, pemerintah Indonesia saat ini sedang membuka pemesanan SBR (Savings Bond Ritel) pada 20 Agustus 2018 hingga 13 September 2018. SBR ini bisa dibeli di beberapa mitra, seperti: BNI, BTN, Bank Mandiri, BCA, BRI, Bank Permata, Modalku, Investree, Bareksa, Tanamduit, dan Trimegah Securities. Karena saya merupakan salah satu nasabah BNI, maka saya membeli SBR004 di BNI. Mengapa saya membeli SBR004 ini? Sebenarnya banyak alasannya. Tapi alasan paling utama adalah karena saya ingin latihan menabung dan berinvestasi. Mumpung masih muda. Saya pun hanya membeli SBR004 sejumlah 1 juta rupiah (sesuai dengan minimal pembelian).

Proses untuk membeli SBR004 ini terbilang sangat mudah. Saya hanya perlu mengambil antrian ke CS dan bilang ke security kalau saya ingin membeli obligasi. Saya membelinya pada hari Jum'at tanggal 24 Agustus 2018 sore hari. Lalu, saya menunggu beberapa antrian. Kemudian saya dilayani oleh CS BNI. Karena saya membeli obligasi di bank ranting(?), transaksi yang saya lakukan ini cukup tidak biasa bagi CS disana. CS tersebut mengontak temannya yang di BNI cabang untuk menanyakan cara pembeliannya. Akhirnya saya dilayani sesuai dengan instruksi temannya CS ini. Karena ini merupakan investasi saya yang pertama, saya perlu mengisi formulir pembukaan rekening efek (untuk mendapatkan subregistry) dan formulir pendaftaran investor (untuk dapat SID). SID dan subregistry merupakan syarat untuk melakukan investasi (dalam kasus ini untuk membeli obligasi). Setelah mengisi formulir, saya pun pulang dan diminta menunggu 1x24 jam untuk bisa mendapatkan SID dan subregistry. Apabila sudah memiliki SID dan subregistry, yang harus saya lakukan adalah memesan SBR004. Pemesanan ini bisa dilakukan secara online maupun offline. Karena saya sudah memiliki BNI Mobile Banking, saya memilih untuk membeli SBR004 melalui layanan mobile banking.

Baca juga : Pengalaman Membeli SBR005 dengan Mobile Banking

Pada hari Rabu tanggal 29 Agustus 2018, saya ke bank untuk menanyakan terkait SID dan subregistry yang tak kunjung diberi kabar. Tapi ternyata, SID dan subregistry saya sudah aktif sejak Selasa kemarin. Nah setelah SID dan subregistry aktif, saya tinggal masuk ke BNI Mobile Banking lalu pilih INVESTASI (lihat Gambar 1) kemudian pilih SBN RITEL (lihat Gambar 2). Kemudian akan muncul menu di SBN RITEL (lihat Gambar 3) seperti PROFIL INVESTOR, REKENING DANA, REKENING SURAT BERHARGA, PEMESANAN, PEMBAYARAN, REDEMPTION, INFORMASI. Anda harus mengisi (daftar) beberapa menu seperti: PROFIL INVESTOR, REKENING DANA, REKENING SURAT BERHARGA, PEMESANAN. Pengisiannya sangat mudah, tinggal next-next. Kemudian jangan lupa catat kode booking di menu pemesanan. Lalu, paste kode booking di menu PEMBAYARAN. Voilla......pemesanan SBR004 anda telah berhasil. Anda akan mendapatkan e-mail dari Kemenkeu apabila pemesanan anda telah berhasil.

Gambar 1 (Menu awal BNI Mobile Banking)
mobile banking menu SBN ritel BNI
Gambar 2
Gambar 3 (Menu-menu di SBR RITEL)
e-mail tanda pemesanan SBR
E-mail dari KEMENKEU
SBR004 ini memiliki beberapa keunggulan antara lain: ada fasilitas early redemption, bunganya sebesar 8.05% (floating with floor), dan bisa dibeli hanya dengan 1 juta rupiah. Berinvestasi di SBR004 tentunya menguntungkan, setidaknya apabila dibandingkan dengan tabungan, apalagi laju inflasi Indonesia yang sekitar 3-4%. Selain itu, ini bisa jadi salah satu kontribusi anda bagi Indonesia. Yuk beli SBR004!!! Apabila anda kesulitan untuk membeli SBR004, silakan bertanya di kolom komentar!

Informasi terkait SBR004: https://www.kemenkeu.go.id/sbr 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Porositas dan Permeabilitas

Metode Numerik dalam C++: Metode Bagi Dua

Krisis Finansial 2008 (Penyebab dan Dampak)